#IndonesiaJujur : Surat untuk Ibunda Siami

Kepada Yth.
Ibunda Siami,

Dengan hormat,

Saya hanyalah salah seorang biasa yang memperhatikan dan mengikuti berita-berita mengenai apa yang terjadi pada Anda belakangan ini. Saya sangat berterima kasih ada Surya Online yang sudah memberitakan dan membuat masyarakat negri ini tahu apa yang tengah terjadi. Saya harap entah bagaimana caranya surat ini bisa sampai untuk Anda baca. Sebenarnya saya sangat ingin mengirimkan surat ini langsung namun apa daya saya tidak tahu alamat rumah maupun email Anda.

Apa yang sudah Anda alami tentunya sangat menyakitkan hati dan saya pun mengecam ketidak adilan yang sudah terjadi. Namun di sisi lain rusaknya sistem pendidikan (atau mungkin keseluruhan sistem) di Indonesia ini jugalah yang menyebabkan banyak hati manusia menjadi sakit. Saya sama sekali tidak membenarkan mereka yang menzalimi Anda (dan kalau boleh jujur ingin sekali saya bisa berada disana langsung untuk mendukung Anda), namun bila bisa membuat merasa lebih baik, anggaplah mereka sedang sangat ketakutan sehingga menjadikan Anda sebagai target demi rasa aman yang semu sehingga nurani mereka menjadi buta dan tidak mengerti akan apa yang sudah mereka lakukan.

Sedikit berbagi rasa juga, sewaktu saya masih SMP dulu saya pun pernah mengalami tekanan dari teman-teman sekolah saya ketika berprinsip tidak ingin mencontek. Saya tahu apa yang saya alami tidak ada apa-apanya dengan Anda dan anak Anda, tapi saya sedikit banyak mengerti bagaimana traumatisnya karena masa-masa itu pun sempat membuat saya depresi.  Namun jangan berkecil hati, karena saya yakin tidak semua sekolah seperti itu.

Ketika SMA akhirnya saya menemukan lingkungan yang bisa saling menghargai satu sama lain. Meski yah, masih ada kegiatan contek-mencontek, namun tak ada tekanan atau bullying lagi bagi saya. Bahkan masih banyak teman-teman saya yang justru mendorong untuk tetap berbuat jujur, dan selalu mendukung sehingga saya bisa menjadi diri saya sendiri. Saya turut mendoakan selanjutnya Anda bisa menemukan sekolah yang baik dan tepat untuk mendidik anak-anak Anda seperti saya dulu akhirnya bisa menemukan tempat yang baik bagi saya.

Entah apakah Anda tahu, tapi banyak sekali orang yang begitu  tersentuh oleh tindakan anda Anda, serta menangis dan ingin memberikan dukungan moral bagi Anda. Karena itu janganlah semua ini membuat Anda dan keluarga berpikir tidak ada lagi kebaikan dan kejujuran di bumi ini. Jangan sampai Anda dan keluarga kalah oleh kecurangan dan ketidakjujuran.

Kemudian janganlah Anda berlarut bersedih apalagi menyesali apa yang terjadi. Apa yang Anda lakukan merupakan keberanian dan kejujuran yang sudah sangat berharga di negri ini. Tetaplah tanamkan nilai-nilai kejujuran bagi keluarga Anda. Saya percaya Tuhan pasti melindungi Anda dan keluarga.

Semoga semua ini dapat membuat Anda dan keluarga bangkit dan bisa terus menjadi lebih baik dan tetap mengikuti hati nurani. Untuk AL juga, gapailah cita-citamu setinggi langit. Kelak jadilah manusia benar yang dapat berbuat besar untuk menolong negri ini keluar dari kebobrokannya. Semoga semua ini juga dapat menjadi momentum yang menyadarkan dan membuka mata bangsa ini, supaya kita semua menyadari apa yang sedang terjadi dan terus memperbaiki diri.

Sekian dulu surat dari saya. Mohon maaf bila ada hal-hal yang kurang berkenan. Semoga surat saya dan juga surat-surat dukungan lainnya dapat memberikan dorongan dan semangat yang berarti untuk Anda sekeluarga.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya,
Andhika Wijaya (Ika)

Source berita : http://www.surya.co.id/2011/06/10/ny-siami-si-jujur-yang-malah-ajur
Bagi teman-teman lain yang juga ingin ikut mendukung, silahkan klik Gerakan Moral #IndonesiaJujur

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: