Majapahit Online Sneak Peek

Setelah ditunggu-tunggu akhirnya trailernya jadi juga~ ^^ Game nya sendiri bila tak ada halangan akan rilis 30 Juli 2011.

Mohon bantu doa dan dukungan yaa. Ke depannya kita akan terus mengembangkannya menjadi lebih baik lagi. Bila ada kritik saran dan masukan juga silahkan disampaikan.



Majapahit Online adalah Facebook game yang diproduksi oleh Anantarupa Studios dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat Indonesia bahwa 500 tahun yang lalu kita pernah menjadi bangsa yang besar di Asia sekaligus untuk mempromosikan sejarah dan kekayaan budaya bangsa Indonesia ke mancanegara.

Anantarupa Studios mengangkat tema Majapahit bukan untuk mengagung-agungkan masa lalu atau salah satu suku saja, tetapi agar dapat menyadarkan bangsa Indonesia bahwa dengan bersatu barulah kita dapat menjadi kuat. Di masa Majapahit-lah pondasi untuk NKRI pertama kali ditanam, yaitu saat seluruh nusantara bersatu untuk secara bersama melindungi seluruh wilayah nusantara sebagai satu kesatuan baik di darat, laut, serta segala sumber daya di dalamnya.

Majapahit Online mengambil cerita dari sudut pandang pemain dari masa sekarang yang secara tidak sengaja terlempar kembali ke masa lalu di jaman Majapahit, dimana kondisi kehidupannya sangat berbeda dari pengetahuan sejarah yang dia peroleh. Dalam Majapahit Online, para pemain diajak untuk menyusuri cerita kehidupan di masa Majapahit, mengalami dan mengenal berbagai hal dari aspek kehidupan masyarakat, seni dan budaya, adat istiadat, kehidupan sosial bernegara sampai dengan kehidupan maritimnya, dikarenakan dulunya Majapahit terkenal kuat di darat maupun di lautan, dan menurut catatan Portugis, meriam Portugis sendiri tidak dapat menembus dinding Jung-Jung Jawa yang berukuran jauh lebih besar dibanding kapal Portugis.

Game Majapahit Online di-design dengan beberapa alternatif penceritaan dimana alur cerita akan berbeda-beda, tergantung dari partisipasi aktif dan kerjasama tiap-tiap pemain dalam menentukan pilihan. Majapahit Online disajikan dengan genre visual novel dan sedikit elemen strategi-strategi Jawa seperti Garuda Vyuha, Dirada meta, dsb.

Bab pertama dari cerita Majapahit Online adalah Senopati Terakhir, yang secara singkat menceritakan tentang berakhirinya masa Singhasari sampai dengan awal berdirinya Majapahit. Ulasan lebih lengkap tentang cerita ini telah dituangkan dalam sebuah novel berjudul Senopati Terakhir karya Setyo Wardoyo, yang mana saat ini sudah tersedia di toko buku Gramedia.

Di tengah tingginya tingkat pertumbuhan game dari luar negeri, Anantarupa Studios mencoba untuk ikut bersaing dengan menyajikan karya anak bangsa secara nasional bahkan internasional, melalui game Majapahit Online dengan masa open beta akhir Juli 2011. Anantarupa Studios mengharapkan dukungan dan peran serta aktif dari berbagai pihak, terutama pemerintah untuk ikut membantu pengembangan industri game lokal yang dimotori oleh anak negeri.

Melalui game ini diharapkan para pemain dapat mengambil nilai edukasi dari game ini, belajar dari kesuksesan dan keruntuhan Majapahit sebagai refleksi bagi Indonesia saat ini. Seperti kata Ir. Soekarno, “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya, jas merah!!” (jangan sekali-kali melupakan sejarah). Dengan belajar dari kesalahan masa lalu, kita tidak akan mengulangi kesalahan yang sama di masa mendatang.

Song Title: Surya Wilwatikta copyrighted by anantarupa records

Om Namaha Shiva original performer and copyright : Sheila Chandra
used by permission.
Lyric : Ivan Chen
Singer : Chandra Kirana
Music Director : Wylia Watkins
Editor : Candra Siongo

Thanks to all Anantarupa Studios Crews

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: